Tuesday, July 10, 2012

Pengakuan Iman nasrani

Kami adalah komunitas religius pengikut Yeshua ha-Mashiach yang dikenal mula-mula dengan sebutan Nasrani/Netzarim (Kisah Para Rasul 24:5).

Apakah Komunitas Nasrani itu ?


Apakah Komunitas Nasrani itu ?

Kami adalah komunitas religius pengikut Yeshua ha-Mashiach yang dikenal mula-mula dengan sebutan Nasrani (Kisah Para Rasul 24:5). Santo Yerome, Bapa Gereja dari abad keempat, menjelaskan kaum ini sebagai orang "...yang menerima Kristus sedemikian rupa namun tanpa meninggalkan Hukum yang lama." Saat ini kami berusaha untuk mengembalikan ajaran Yeshua ke konteks aslinya. Gerakan kami merupakan suatu kebangunan kembali kehidupan spiritual kuno, suatu proses kembali kepada ajaranNya yang murni seperti halnya jemaat yang mula-mula di Yerusalem.


Siapa kami ?

Pengikut Yeshua yang mula-mula merupakan sebuah sekte Yahudi yang dikenal sebagai "Nasrani" atau dalam bahasa Ibrani "Netzarim" (Kisah Para Rasul 24:5). Santo Yerome, Bapa Gereja dari abad keempat, menjelaskan kaum ini sebagai orang "...yang menerima Kristus sedemikian rupa namun tanpa meninggalkan Hukum yang lama." Saat ini kami berusaha untuk mengembalikan ajaran Yeshua ke konteks aslinya. Gerakan kami merupakan suatu kebangunan kembali kehidupan spiritual kuno, suatu proses kembali kepada ajaran-Nya yang murni seperti halnya jemaat di abad pertama.


Kepercayaan kami

Kami sepenuhnya percaya kepada ke"echad"an dan keunikan Tuhan. Tiada Tuhan selain YHWH - Tuhan Yang Maha Tinggi, Yang Maha Suci, Yang Maha Kuasa, Pencipta Alam Semesta, Bapa kami.

Hukum Terutama (Ibrani : mitzvah ha-rishonah) kami adalah perintah yang disampaikan Tuhan di hadapan tiga juta orang Israel sekitar 3500 tahun yang lalu :

Dengarlah, hai orang Israel, YHWH Elohim kita, YHWH itu echad !
Kasihilah YHWH Elohimmu,
dengan segenap hatimu dan
dengan segenap jiwamu dan
dengan segenap kekuatanmu !
(Ulangan 6:4-5)

Kami juga percaya kepada Yeshua ha-Mashiach sebagai Firman Elohim, Anak Elohim, Mesias, Sang Jalan, Guru kami, Gembala kami, Juruselamat kami, Tuan kami, Raja segala raja. Ia bukan datang untuk meniadakan Taurat melainkan untuk menggenapinya. Lebih jauh Ia meneguhkan Hukum Terutama ketika menjawab pertanyaan seorang ahli kitab tentang hukum manakah yang paling utama.

Jawab Yeshua, "Hukum yang terutama ialah:
Dengarlah, hai orang Israel, YHWH Elohim kita, YHWH itu echad !
Kasihilah YHWH Elohimmu,
dengan segenap hatimu dan
dengan segenap jiwamu dan
dengan segenap akal budimu dan
dengan segenap kekuatanmu !"
(Markus 12:29-30)


Ibadah kami

Kami tidak meninggalkan sistem kepercayaan yang berbasiskan Taurat untuk "beralih" ke sebuah agama yang baru atau asing. Kami menjalankan Keriath Shema : pembacaan syahadat dua kali sehari (Ulangan 6:7). Dan bunyinya demikian :

Shema Yisrael, Adonay Eloyhenu, Adonay Echad !
(Dengarlah Israel, YHWH Elohim kita, YHWH itu echad !)

Kami beribadah pada hari Sabat karena Tuhan memerintahkan kami untuk menguduskan hari-Nya itu (Keluaran 20:8-11). Hari Sabat adalah Sabtu, bukan Minggu. Jangan keliru. Konsili Nikea (325 M) telah mengubahnya. Taatlah hanya kepada perintah YHWH dan bukan kepada perkataan manusia.

"Akulah YHWH, Elohimmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan lakukanlah peraturan-peraturan-Ku dengan setia, kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah YHWH, Elohimmu." (Yehezkiel 20:19-20)


Kitab suci kami



Torah adalah Hukum Elohim. Torah bersifat kekal dan tidak dapat digantikan. Taurat, Neviim (kitab para nabi) dan Kethuvim (tulisan-tulisan) ditulis dibawah inspirasi Roh Kudus. Ketiga bagian itulah yang anda kenal selama ini sebagai "Perjanjian Lama" dimana kami menyebutnya kitab Tanakh. Di samping itu kami mempunyai "Perjanjian Baru" yang kami sebut sebagai Kethuvim Netzarim (tulisan kaum Nasrani), yang juga diinspirasi oleh Roh Kudus. Hal yang terbesar ialah kami dianugerahi pula Firman Elohim yang hidup. Bukankah Tuhan telah berfirman demikian :

"Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan." (Ulangan 30:14)

"Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu", demikianlah firman Tuhan : "Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Elohim mereka dan mereka akan menjadi umatKu." (Yeremia 31:33)

Yeshua adalah Firman Elohim yang hidup.

PEMBUKA

Pernyataan iman ini ditujukan hanya sebatas sebuah pernyataan saja dan tidak dimaksudkan untuk menjadi semacam Pengakuan Iman. Pernyataan ini tidak boleh dipandang memiliki kesetaraan dengan Kitab Suci. Pernyataan ini dibuat semata-mata untuk tujuan berikut :

1. Mengklarifikasikan beberapa hal dimana kami telah disalah-pahami.
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan iman kami.
3. Menciptakan pengertian dan kesamaan pandangan di antara jemaat yang tergabung.


PERNYATAAN IMAN NASRANI/Messianic jews

1. YHWH
* Kami percaya bahwa YHWH adalah (Echad).
* Kami percaya bahwa YHWH telah menyatakan diri-Nya melalui banyak cara, karakteristik dan penyataan, diantaranya sebagai Bapa, Firman (Memra) dan Roh Kudus (Ruach ha-Kodesh).
2. MESIAS
* Kami percaya Yeshua HaMashiach telah datang dan dengan sukacita kami menantikan kedatangannya kembali, sekalipun ia mungkin menundanya, kami tetap siap-sedia menyambut kedatangannya setiap hari.
* Kami percaya Yeshua lahir oleh perawan kudus, hidup tanpa dosa menurut hukum Taurat, melakukan mukjizat, disalibkan untuk menebus umatnya sesuai dengan apa yang tertulis dalam Kitab Suci, bangkit pada hari ketiga, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan YHWH.
3. KESELAMATAN
* Kami percaya bahwa kami telah menerima keselamatan melalui wafatnya Mesias, karena darah perjanjian-Nya yang dicurahkan untuk setiap orang percaya.
* Kami percaya bahwa keselamatan adalah kasih karunia YHWH semata-mata, bukan diperoleh dari hasil pekerjaan kami memelihara Taurat.
4. KITAB SUCI
* Kami percaya bahwa tanakh dan britt chadasha adalah Firman Elohim yang sempurna, diilhami oleh Roh Kudus dalam setiap titik dan hurufnya.
* Taurat adalah pengajaran YHWH yang diberikan kepada umat-Nya melalui Musa, tidak berubah dan tidak dibatalkan hingga langit dan bumi berlalu.
* Kami percaya memelihara Taurat adalah kewajiban moral manusia dan wujud pernyataan kasih setia kita kepada YHWH.

Selaras dengan pernyataan iman yang dikeluarkan oleh WNAE International Nazarene Beit Din

No comments:

Post a Comment