Thursday, July 12, 2012

Realitas sejarah apa agama yg dianut Yeshua???

Dalam pembahasan ini kita akan mendalami agama apa yg sebenarnya dianut oleh Yeshua pada saat Dia ada dibumi?.Dalam bible golongan yahudi yg kita ketahui hanya ada 2 yaitu farisi dan saduki,jika kita mau mempelajari historis agama yahudi maka saat Yeshua ada dibumi banyak sekali golongan2 dari agama yahudi, tidak bedanya kristen saat ini,ada kristen katolik,protestan,pentakosta,dll.
Mari kita kaji kembali sejarah dari mesias kita:
Yeshua lahir dalam lingkungan agama Yahudi jelas sekali agama yg saat itu dianut Yeshua adalah agama Yahudi!!!suka atau tidak itulah fakta yg berbicara.
Yeshua adalah org Farisi:
Mengatakan Yeshua sbg org farisi adalah sesuatu yg menggelikan bagi kebanyakan org kristen,mengapa?? Karna mereka berpikir Yesus adalah org kristen!!!!saat kita melihat sejarah maka pola pemahaman kristenlah yg menggelikan bagi kebanyakan kaum yahudi mesianik,dan ini menunjukan jauh sekali kristen dari realitas sejarah mengenai juru selamatnya.

Orang kristen akan berkata"bagaimana bisa Yeshua org farisi sedangkan Dia menentang dan mengkritik kebanyakan org2 Farisi?",disinilah letak ketidak tahuan kebanyakan org kristen...bahwa mengkritik dalam pertemuan org2 yahudi di synagogue itu adalah hal yg lazim,karena mereka selalu mengupas kitab suci yg mereka percayai,dan disini Yeshua sdg mengajarkan bagaimana seharusnya Torah dilakukan.

Dan tidak semua Yeshua mengkritik farisi,utk diketahui bahwa saat itu ada 2 macam aliran farisi hilel dan shamay....Yeshua tampaknya lebih bersahabat dengan farisi hilel,dibanding farisi shamay yg sering melakukan ibadahnya dgn legalitas semata.Yeshua pun pernah meminta supaya org2 saat itu menghormati para farisi ini(Mat 23:1-3)

Jika dipahami dengan baik kritikan Yeshua saat itu merupakan "debat keluarga"yg selalu dilakukan para2 imam2 yahudi saat itu dan itu sangatlah lazim dilakukan oleh org2 Yahudi saat itu.

Sejarah dan kitab suci menunjukan bhw Yeshua adalah seorang farisi.
Sesungguhnya ketika org2 farisi menanyakan yohanes pembaptis siapakah dia,ia menjawab bahwa seseorg dari MEREKA(orang orang farisi)adalah mesias yg akan datang(Yoh 1:26-27)
Suka atau tidak kaum kristen harus bisa menerima ini,bahwa Yeshua adalah seorang Yahudi,seorang Rabbi,seorang Farisi,mengucapkan Shema,mengenakan tzit tzit,mendukung talmud(karena banyak perkataan2 Yeshua yg Dia ambil dari talmud)dan orthodox dalam kehidupanNYA.
Inikah "Yesus"nya org kristen??

Salah satu perkataan Yeshua yg Dia ambil dari talmud:

Mat 22:30"pada waktu kebangkitan orang tidak kawin mengawinkan"
Ma'asrot "tidak ada ikatan perkawinan dalam dunia yg akan datang"

Mat 5:28"setiap org yg memandang perempuan dengan penuh nafsu,sudah berzinah dgn dia didalam hatinya"
Kallah pasal 1"seseorang yang memandang seorang dengan penuh napsu,sama saja seperti ia telah melakukan zinah dengannya"

Mat 6:25-31"jangan kuatir apa yg hendak kamu makan dan minum"
Sotah 48b"seseorang yg mempunyai makanan utk hari ini dan berkata apa yg bakal saya makan esok hari? Mempunyai iman yg kecil"

Masih banyak lagi yg bisa disejajarkan perkataan2 Yeshua yg diambil dari talmud,sehingga saat ini kita bisa melihat sisi yg selama ini dalam kekristenan tidak pernah digubris,bahwa suka atau tidak Yeshua beragama Yahudi saat Dia ada di bumi,lahir sebagai org Yahudi,disunat pada usia 8 hari,menjalani/mentaati Torah,tidak makan makanan yg dilarang dalam Torah.

Kesimpulan,jika orang2 kristen menolak torah dalam kehidupan agama mereka yg mengakui Yesus adalah juru slamat mereka,Hendaknya mereka mulai mengkaji iman mereka,jika mereka selalu mengatakan "ingin seperti Yesus"berarti lakukanlah apa yg Yesus kerjakan didalam dunia saat itu....sehingga ucapan kuingin seperti Yesus bukan hanya ucapan yg kosong dan legalistik,tetapi seperti Yesus adalah melakukan seperti kehendak Bapa disurga.Shalom Rebbe Judah Moore

No comments:

Post a Comment