Tuesday, July 10, 2012

tefilah/Ibadah

Tefilah dalam dunia kekristenan sangatlah asing karena didalam kekristenan mereka lebih mengenal dgn istilah doa spontan,kalau kita mau kaji lebih dalam doa adalah salah satu bagian dari ibadah,lalu apakah tefilah itu??dalam pembahasan kita saat ini kita akan membahas mengenai tefilah yg sangat akrab dilakukan oleh Judaism/messianic jews.

Apakah tefilah harian merupakan ciptaan manusia belaka utk mendirikan kebenaran agamawi yg bersifat lahiriah??bagi kekristenan mungkin demikian,tetapi jika kita mau kaji lebih dalam ke dalam ruang hati kita maka kita akan mendapatkan sesuatu yg sangat berharga dari praktek tefilah ini.
Asal usul tefilah:
Tefilah telah dikenal sejak zaman moshe yaitu saat penetapan pola persembahan korban di bait suci(kel 29:38-42,Bil 28:1-8)
Pola ini dilakukan terus oleh org2 kudus/imam dgn berpusat. Di bait suci(2raja 16:15)Elia 1raj 18:36 david( maz 55:17-18)
Namun saat bangsa israel mengalami pembuangan dan bait suci dikuasai penjajahan babilonia,maka korban harian tidak dapat dilakukan oleh karenanya diganti dengan tefilah 3 kali sehari di rumah rumah seperti yg daniel lakukan(Dan 6:11)dan ezra (ez 9:5)
Praktek ibadah demikian tetap dipelihara oleh Yeshua(luk 6:12) dan para rasulNYA(kis 3:1,kis 10:3-9)ibadah tefilah harian biasanya dilakukan di bait suci,synagoga dan di rumah.Sekalipun tefilah berasal dari praktek yg dilakukan di bait suci,namun sebenernya kegiatan ini telah dilakukan lama sebelum adanya bait suci,dimana??kita bisa perhatikan kisah kain dan habel kita akan dikejutkan bahwa mereka telah melakukan ibadah harian dgn ditandai korban dihadapan YHWH(kej 4:3-4)kata yg diterjemahkan "korban persembahan"digunakan kata "Minkha"yg artinya korban petang,ini merupakan AYAT BUKTI paling awal mengenai tata cara umat YHWH beribadah,kata minkha kembali muncul ketika penetapan ibadah korban di bait suci/beit hamikdash(kel 29:38-42)
Istilah tefilah sering digunakan sbg KARA,tefilah adalah suatu ungkapan hati kita kepada RAJA yg kekal.

Zmanim waktu pelaksanaan Tefilah,yaitu sacharit,minkha dan maariv aravim
Sacharit:
1.Birkat hasachar
2.Pezukei D'Zimra
3.Keriat shema
4.Shemonei esrei
5.Tachanun
6.Halel
7.Keriat Hatorah
8.Ashrei
9.Musaf(saat hari raya atau bulan baru
10.Shir shel Yom
11.Aleinu
Minkha;
1.Aleinu
2.Uva L'tzion
3.Keriat Torah
4.Shemonei esrei
5.Tachanun
6.Aleinu
Maariv:
1.Keriat Hashem
2.Shemonei esrei
3.Aleinu
Komunitas messinic jews menyertakan dalam doa dgn nama Yeshua Hamasiakh.sehingga saat ini kita bisa berseru kepada G-D melalui YeShua Hamasiakh,jika kita perhatikan, Tefilah adalah suatu hal yg sering dilakukan oleh leluhur israel,tetapi konyolnya dalam kekristenan hal hal seperti ini dianggap legalistik atau bahkan kemunduran dalam iman kita,benarkah demikian??? Tentu tidak!! tefilah adalah salah satu bukti ketaatan kita terhadap G-D,bagaimana bisa kita berkata mengasihi G-D kalau dalam keseharian kita melupakan kewajiban kita kepada Hashem yaitu bersekutu denganNYA malalui tefilah ini,didalam kekristenan sangatlah abstrak dalam merumuskan "bersekutu"kepada G-D,mengapa demikian??karena hampir semua sistem kekristenan dilakukan dengan hati,benarkah??justru karena mempunyai pemahaman seperti inilah maka hampir hampir kekristenan tidak mempunyai aturan2 dalam peribadatan sehingga yg muncul adalah aturan2 manusia....sehingga kita membiarkan celah bagi sijahat satan utk masuk dalam pikiran pikiran kita dalam dogma2 dan doktrin,marilah sebagai kaum messianic kita tunjukan cinta kita kepada Hashem dengan mempunyai sikap disiplin menghadap dan bersekutu denganNYA dengan aturan2 yg sudah ada sejak ribuan tahun yg lalu......Shalom Rebbe Judah moore

3 comments:

  1. Bagus.. islam dan judaism adalah benar dan jangan diikut kristen kerana agama kristenlah yg merosak "abrahamic religion" kerana islam juga ada tefilah, kami panggil solah.. seperti judaism, ada kosher, islam juga ada halal.. tetapi kristen tidak ada semua itu kerana agama kristen adalah agama 'avoda zarah'..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penambahan:-tefilah ada tiga waktu.. scharit, mincha dan ma'ariv.. islam, iaitu solah ada 5 waktu.. subuh, dzuhur, asar, maghrib dan isyak..

      Delete
    2. Penambahan:-tefilah ada tiga waktu.. scharit, mincha dan ma'ariv.. islam, iaitu solah ada 5 waktu.. subuh, dzuhur, asar, maghrib dan isyak..

      Delete